Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Sungguh tak pernah disangka sangka sebelum nya admin dapat menuliskan tentang hal ini. Namun dengan ijin allah admin mencoba menuliskan apa yang admin pahami tentang arti dari Assholatu Imaduddin yang dalam bahasa indonesia berarti solat adalah tihang agama dengan singkat, padat dan insyaalah jelas.

Dalam firman allah SWT,
Assholatu ‘imaduddin Faman aqomaha waqod aqomaddin Faman tarokaha waqod hadamaddin”.
Artinya: “Sholat adalah tiang agama, barangsiapa yang menegakkannya, maka ia telah menegakkan agamanya dan barangsiapa yang merobohkannya, berarti ia telah merobohkan agamanya.

Namun pada kesempatan kali ini admin mencoba berbagi lebih dalam tentang arti solat adalah tihang agama. Agar kita sebagai umat islam benar benar membuat ibadah solat kita menjadi tihang penyangga yang kokoh yang dapat kembali membangkitkan islam dan tidak mudah di robohkan.

Kita coba berangkat dari pengertian tihang yang dalam bahasa indonesia memliki arti penyangga atau pilar. Tentunya kalian sudah tahu bukan tihang itu digunakan untuk apa, bentuk nya seperti apa dan cara mebuat dan menegakan tihang itu seperti apa.

Admin akan coba membuat analogi tentang tihang ini sebagai penyangga berdirinya suatu bangunan.

Ketika kita membuat bangunan dengan tihang tihang penyangganya dari kayu atau kaso kaso apakah bangunan nya dapat berdiri tegak ? Tentu saja jawabannya bisa. Namun jangan berhenti disitu, kita pahami lebih jauh. Tihang penyangga yang terbuat dari kayu dan kaso, apa yang terjadi ketika tihang tersebut terkena terpaan angin, hujan dan badai ? Apakah tihang tihang tersebut dapat bertahan lama atau malah roboh ? jawabanya yang pasti roboh, bahkan tanpa terpaan hujan, angin dan badai saja bangunan nya bisa jadi roboh, di pake nyender juga bisa roboh dengan beban yang terbatas. Selain itu, kalo dari kayu atau kaso kaso mudah sekali di gerogoti rayap sehingga kayu tersebut rapuh dari dalam dan pada akhir nya keropok dan roboh juga bangunan nya.

Tapi….
Apa yang terjadi ketika pilar pilar atau tihang bangunan nya menggunakan beton ??
Apakah bisa bangunan nya berdiri tegak ? tentu saja jawaban nya sangat bisa. Dan tidak berhenti disitu, Apa yang akan terjadi ketika bangunan yang dibuat menggunakan tihang dari beton tadi jika diterpa angin, hujan dan badai ? apakah tihang beton tersebut akan roboh atau bahkan bertambah kuat ? tentu jawabannya tidak akan roboh. bahkan jika terkena hujan dan panas terus menerus beton ini cenderung akan jauh lebih kuat dan kokoh.

Memang dalam proses mendirikan bangunan menggunakan kayu itu bisa jadi lebih cepat, murah dan menancapkan ke tanah nya pun tidak perlu terlalu dalam. Namun tihang penyangga nya mudah sekali patah dan keropos, bahkan beban yang dapat di topang nya tidak terlalu berat, jika tidak tihang tersebut akan patah. Tapi ketika kita mendirikan bangunan dengan pilar pilar beton itu proses nya membutuhkan waktu yang lebih lama, biaya yang lebih besar, tenaga yang lebih banyak, material yang lebih beragam dan ditancapkan ketanah nya jauh lebih dalam dengan pondasi yang kuat. Proses itu dilakukan karena pilar pilar beton di persiapkan untuk dapat menyangga bangunan jauh lebih tahan lama dan kokoh sehingga bangunan yang di topang oleh pilar beton akan berdiri dengan kokoh dalam waktu yang sangat lama dari masa ke masa.

Tidak hanya sebagai pilar bangunan, namun sering kita lihat beton digunakan untuk menyangga jalan yg sering disebut jalan raya dimana dengan adanya fasilitas ini, dapat menghubungkan peradaban manusia dari suatu daerah ke daerah lainnya dan dari masa ke masa.

Kesimpulan dari artikel ini adalah admin mengajak seluruh umat islam baik di indonesia ataupun seluruh dunia untuk mempersiapkan dirinya menjadi pilar pilar beton yang sanggup menopang kejayaan islam berikutnya. Dan terus berjaya dari masa ke masa. Sesungguhnya jika bukan kita siapa lagi ? Mari kita yakini bersama sama bahwa islam sebentar lagi akan kembali berjaya didunia dengan didukung oleh pilar pilar beton dari seluruh penjuru dunia.

#KUNFAYAKUN
#ALLAHUAKBAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *