Hello world pada artikel kali ini kita coba melakukan analisa yang singkat dan padat tentang dampak adanya chat GPT di kehidupan manusia.

Kita mulai dari pengertian dari chat GPT ya.
Chat GPT adalah chatbot dan virtual assistant yang di kembangkan oleh Open AI dan diluncurkan pada 30 November 2022 dengan menggunakan bahasa pemrograman Phyton. Stable release terakhir pada 29 April 2024 (38 Hari Lalu).

Dimasa sekarang ini Chat GPT selalu menjadi sorotan atau topik menarik yang sering dibahas oleh banyak orang dari berbagai kalangan dibelahan dunia atas apa yang bisa dilakukan Chat GPT terhadap kelangsungan hidup manusia.

Ada yang bilang sangat membantu dan menguntungkan dalam membantu menjalani kehidupan dan tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa Chat GPT ini akan menjadi senjata makan tuan bagi peradaban manusia di masa mendatang.

Apakah kedua pernyataan diatas salah? Tentu tidak. Karena mereka menilainya dari sudut pandang yang berbeda. Namun pada artikel ini kita coba menyampaikan dari sudut pandang beberapa orang yang sudah menggunakan Chat GPT termasuk kami sendiri yang berlatar belakang seorang software engineer.

Chat GPT ini memang sangat membantu dalam memecahkan masalah, apa yang kita coba tanyakan baik melalui tulisan atau pun suara sejauh ini Chat GPT dapat memberikan jawaban yang dikategorikan cukup baik atau jawabannya cukup memuaskan. Namun masih tetap belum mampu memberikan response atau jawaban yang 100% sesuai dengan apa yang diinginkan si pengguna. Dengan kata lain hingga saat ini Chat GPT masih kita kategorikan sebagai sistem pembantu pengambilan keputusan atau yang lebih dikenal sebgai SPK (Sistem Pendukung Keputusan) yang sudah mulai dikembangkan pada tahun 1960-an. Hanya saja SPK biasanya digunakan oleh suatau organisasi atau perusahaan tapi untuk Chat GPT dapat digunakan oleh publik.

Ko bisa sih Chat GPT ngasih jawaban dari setiap pertanyaan yang kita lontarkan ke mereka? Admin kasih jawaban melalui gambar ini

Dari gambar disamping harusnya kalian bisa mengerti kenapa Chat GPT makin lama akan semakin mampu memberikan jawaban/response yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Karena Human Are Hooked but Machines Are Learning

Jadi Chat GPT itu semakin cerdas karena kita yang memberikan mereka pengetahuan.

Ko bisa kita yang memberikan pengetahuan ke Chat GPT gimana caranya? Maka jawabannya adalah apa yang sudah kita simpan di internet selama ini itulah semua pengetahuan yang diolah oleh Chat GPT. Dari mulai biodata diri hingga setiap emosional diri yang kamu kemukakan di internet melalui sosial media. Buat akun sosial media gratis bukan? tapi kamu juga harus siap dengan konsekuensi bahwa kamu secara sadar dan setuju memberikan informasi mu kepada mereka.

So, dari artikel ini admin tidak bermaksud menakut nakuti kalian yang berseluncur di internet tapi hanya mengingatkan kita harus selalu siap dalam bersaing dengan Kecerdasan buatan yang manusia buat untuk manusia itu sendiri. Dan lebih bijak dalam hal memberikan data ke internet. Dan bagi kalian yang sangat terbantu oleh Chat GPT jangan lupa untuk selalu tetap mampu mengolah informasi yang Chat GPT berikan agar otakmu tetap berfikir dan tidak mati.

#CHATGPT BERBAHAYA JIKA MANUSIA SENDIRI SUDAH MALAS BERFIKIR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *